Sinergi FIS UINSU dan Polri Adakan Seminar Penanggulangan Terorisme, Radikalisme dan Intoleransi

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan (UINSU) bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia, Polda Sumatera Utara, Baharkam Polri dan Binmas Polri mengadakan Seminar Upaya Pencegahan dan Penanggulangan IRET (Intoleransi, Radikalisme, Ekstrimisme dan Terorisme) di Lingkungan Pendidikan yang dilaksanakan di Audiotorium Perpustakaan Utama UINSU.

Sambutan oleh Prof.Dr. Katimin, M.Ag selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UINSU mengatakan, bahwa tema seminar sangat bagus dalam upaya penanggulangan Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme.

Dilaksanakannya seminar sebagai upaya untuk melakukan pencegahan agar kita semua bisa mendeteksi secara dini kemungkinan-kemungkinan terjadinya tindakan IRET (Intoleransi, Radikalisme, Ekstrimisme dan Terorisme,” ujar Prof. Katimin.

Sambutan dari Polri diwakili oleh Kombespol M. Budi Hendrawan, S.I.K., M.H selaku Kasubditbintibsos Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri mengatakan, kegiatan penanggulangan IRET( Intoleransi, Radikalisme, Ekstrimisme dan Terorisme), merupakan program prioritas nasional yang merupakan program prioritas Polri, dalam mendukung terwujudnya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kegiatan ini juga merupakan upaya Polri untuk menguatkan kearifan lokal di lingkungan pendidikan dan masyarakat, dalam penangkalan dan pencegahan IRET (Intoleransi, radikalisme, Ekstrimisme dan terorisme) Serta untuk mendorong meningkatkan partisipasi masyarakat di lingkungan pendidikan dan sekaligus untuk memperat jalinan silahturahmi civitas akademika.

Dalam kesempatan ini turut hadir juga Pimpinan FIS UINSU, Dr. Nursapia Harahap, M.A Dekan FIS, Dra. Retno Sayekti, M.LIS Wakil Dekan I, Dr. Abdul Karim Batubara, M.A, Wakil Dekan 2, M. Yoserizal Saragih, M.I.Kom Wakil Dekan 3, Dr. Rafnitul Hasanah Harahap, M.A Kabag TU, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Para Dosen dan Unsur Polda Sumatera Utara.

Sementara itu, seminar tersebut mengundang pemateri dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara yang dipaparkan oleh Dr. H. Mukhsin Batubara, M.Ag selaku Kabid Agama Islam Kanwil Kemenag Sumut dan Ustadz Mukhtar Khairi selaku pengamat terorisme serta dimoderatori oleh Dr. Indira Fatra Deni Peranginangin, M.A Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi.

Mahasiswa terlihat antusias dalam mengikuti seminar IRET (Intoleransi, Radikalisme, Ekstrimisme dan Terorisme), dengan banyaknya mahasiswa yang memberikan tanggapan dan pertanyaan yang menimbulkan terciptanya bahan diskusi kepada para narasumber. (Admin Web Prodi Ilmu Komunikasi)