19 Desember 2020 16:08 wib

Medan, Sabtu (19/12/2020); BAN PT laksanakan asesmen lapangan via daring pada Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) di Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan. dilaksanakan selama dua hari 18-19 Desember 2020.  Kegiatan assesmen lapangan ini dilaksanakan secara daring via zoom. Melalui kegiatan ini, implementasi teknologi paperless menjadi penting, hampir selama assesmen berbagai kebutuhan dalam pengecekan data standar akreditasi dilaksakan dengan paperless. Untuk menjawab tantangan itu, pihak Fakultas dan Prodi Sejarah peradaban Islam sudah menyiapkan berbagai kebutuhan semua data akreditasi yang sudah terdigitalisasi dengan rapi dan baik. Tidak hanya itu tim akreditasi juga menayangkan video profil prodi, sarana dan prasarana yang ada di fakultas ini sehingga menjadikan kegiatan ini semakin menarik.

Pada sesment daring ini BAN-PT mengutus asesor yakni Prof. Dr. Dudung Abdurrahman, M.Hum (UIN Sunan Kalijaga) dan Dr. Abdurrahman, M.Hum ( Universitas Indonesia). Dengan segudang pengalaman kedua asesor ini menyampaikan berbagai hal untuk kemajuan program studi ini dimasa mendatang. Pada pembukaan kegiatan ini dihadiri WR III Dr. Nispul Khoiri, M.Ag. Kepala Biro UIN SU, pimpinan Fakultas, Dekan Dr. Maraimbang, MA beserta jajarannya. Mewakili Rektor UIN Sumatera Utara Medan, Dr. Nispul menyampiakan ucapan terimakasih kepada kedua asesor yang telah berkenan hadir di kampus UIN Medan meskipun secara online, tentu harapan kita semua acara asesment daring ini berjalan dengan baik dan prodi Sejarah Peradaban Islam ini mendapatkan hasil yang terbaik, karna semuanya untuk kemajuan UIN Sumatera Utara. Lanjut  Dr. Nispul, tentu kita semua mendoakan semoga kedua Bapak asesor diberi kesehatan serta kesuksesan.  

Dr. Maraimbang MA, Dekan Fakultas Ilmu Sosial menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama kepada Rektor UIN Sumatera Utara yang telah membimbing dan menyediakan fasilitas yang nyaman dengan dukungan IT yang sangat baik, sehingga baik fakultas dan prodi semakin percaya diri dalam melangsungkan kegiatan asesment borang akreditasi. senada dengan WR III, Dekan FIS juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran asesor untuk memvisitasi seluruh laporan borang akreditasi, semoga semuanya diberikan kelancaran dan sukses.

Rangakaian asesment ini berlangsung selama dua hari, dalam prosesnya berjalan lancar meskipun menguras tenaga dan pemikiran. Setelah acara pembukaan selesai kemudian sepenuhnya kegiatan ini diserahkan kapada dua asesor untuk mengkonfirmasi sekaligus dialog seputar keabsahan borang akreditasi. Untuk sesi pertama. Para asesor bertanya mengani borang fakultas ilmu sosial, mengenai visi misi , bagaimana pemahaman civitas akademik terhadap visi misi, upaya yang dilakukan mengenai sosialisasi ke masyarakat luas, survey yang dilakukan sebagai bukti realisasi tingkat pemahaman, pertanyaan lain yang diajukan kedua asesor juga mengenai tata pamong, media untuk mengukur tingkat kinerja pimpinan, dosen dan pegawai, pertanyaan lain mengenai mahasiswa dan sumber daya manusia, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat fakultas ilmu sosial, bagaiamana kelayakan sarana dan prasarana fakultas, bagaimana kondisi keuangan fakultas, realisasi kerjasama yang dilakukan fakultas. Tentu masih banyak pertanyaan lain yag disampaikan Prof. Dudung, dan Dr. Abdurrman ini.

Seluruh pertanyaan dari asesor itu dijawab dengan tuntas para pimpinan Fakultas Ilmu Sosial. Dr. Maraimbang, selaku dekan sangat mendominasi bahkan cukup piawai memberikan jawaban-jawaban yg dinginkan kedua asesor. Kenyataan itu sesungguhnya mengagumkan, karena Dr. Maraimbang, yang baru saja menjadi Dekan, cukup adaptif dan menguasai informasi borang fakultas. Sehingga dialog antara dekan dengan kedua asesor berjalan demikian baik. Betapapun demikian, tentunya asesor memberikan catatan-catatan dalam beberapa hal, misalkan ciri khas keilmuan yang dikembang fakultas, memperbanyak penelitian dan publikasi jurnal para dosen. Untuk sesi kedua. Ketua Prodi Sejarah Peradaban Islam yakni Dra. Yusra Dewi Siregar, MA yang berhadapan dengan kedua asesor, menjawab segudang pertanyak. Dan Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik. Tentu segenap civitas akademika FIS melangitkan doa agar Prodi Sejarah Peradaban Islam mendapatkan nilai akreditasi yang baik, sebagai sumbangsih mewujudkan FIS Terdepan. (T.Rambe)