10 Oktober 2016 12:33 wib

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara akan menyelenggarakan “International Seminar on Religion and Social Change” pada tanggal 13 Oktober 2016 di Hotel Grand Kanaya Medan. Dekan FIS UINSU DR. Phil. Zainul Fuad menyatakan seminar ini diselenggarakan dalam rangka pembukaan program studi Sosiologi Agama dan Antropologi Agama di fakultas tersebut. Menurut Fuad, dua bidang keilmuan ini dirasa penting untuk melihat dan mengkaji fenomena keberagamaan masyarakat yang terus berkembang. Secara umum tujuan seminar ini adalah untuk membawa bersama para ilmuan dan pemangku kebijakan dalam upaya pengembangan keilmuan di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan mendiskusikan pola-pola pengembangan keilmuan sosial berbasis integrasi ilmu dan agama. Secara khusus, seminar ini bertujuan menentukan kebijakan-kebijakan terkait pengembangan kurikulum pada program studi Sosiologi Agama dan Antropologi Agama pada Fakultas Ilmu Sosial UINSU.

Narasumber yang diharap memberi kontribusi pada seminar ini adalah para ahli dan pemangku kebijakan diantaranya: Prof. Dr. Usman Pelly (Guru Besar Antropologi Universitas Negeri Medan) dengan makalah Prof. Dr. Usman Pelly: “Signifikansi Kajian Sosiologi Agama dan Antropologi Agama dalam Mengamati Keberagamaan Masyarakat”, Dr. Kevin W. Fogg (Sejarawan dari Oxford University, Inggris) dengan makalah “A Social Science Approach to the Study of Religion”, Dr. Muhammad Zain (Kasubdit Akademik DIKTIS Kemententerian Agama RI) dengan makalah “Arah dan Kebijakan DIKTIS dalam Pengembangan Program-program Studi di Universitas Islam Negeri” dan Dr. Phil Zainul Fuad, MA dengan makalah “Strategi Pengembangan Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara”.

Peserta seminar yang diharapkan berpartisipasi adalah dosen-dosen ilmu sosial terutama sosiologi, antropologi, sejarah, dan juga para dosen ilmu-ilmu keislaman yang tertarik dengan ilmu-ilmu sosial. Representasi mahasiswa di Fakutas Ilmu Sosial juga diharapkan terlibat dalam kegiatan ini. Selain kontribusi dari narasumber diatas, kontribusi lain dalam bentuk makalah juga diharapkan dan dipresentasikan dalam sesi tersendiri dan dimasukkan kedalam prosiding. Pendaftaran Seminar dapat dilakukan via sms kepada Dr. Ahmaz Zuhri, MA paling lambat hari Selasa tgl 11 Oktober 2016.