30 Agustus 2019 12:31 wib

Senin, 26 Agustus 2019, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar yusidium perdana. Periode ini, ada 16 orang peserta yudisium dengan rincian 8 orang Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) dan 8 orang Sarjana Ilmu Perpustakaan (S.I.P). Yudisium ini disebut bersejarah, karena kali pertama sejak fakultas ini berdiri pada 2014.

Kemudian sangat bersejarah pula, sebab tahun ini UINSU mulai melahirkan sarjana keilmuan umum sebagai hasil transformasi UINSU dari IAINSU. Selain FIS, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UINSU, juga menelurkan Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.K.M). Mereka, bersama wisudawan dari seluruh fakultas di lingkungan UINSU, diwisuda Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman, M.Ag, pada Selasa, 27 Agustus 2019.

Yudisium FIS langsung dipimpin Dekan FIS, Prof Dr Ahmad Qorib dan jajaran Wakil Dekan; Dr Muhammad Dalimunte, M.Hum, Dra Fauziah Lubis, M.Hum, Dr M Faisal Hamdani, M.Ag. Turut hadir Ketua dan Sekretaris Program Studi (Prodi) di FIS, yakni Prodi Ilmu Komunikasi Dr Hasan Sazali, MA (Ketua), Dr Nursapiah Harahap, MA (Sekretaris); Prodi Ilmu Perpustakaan Dra Retno Sayekti, M.LIS (Ketua), Drs Abdul Karim Batubara, MA (Sekretaris); Prodi Sejarah Peradaban Islam Dra Yusra Dewi Siregar, MA (Ketua), Dr Titin Soliha Sumanti (Sekretaris) dan Prodi Sosiologi Agama Dr Irwansyah, M.Ag (Ketua) dan Faisal Riza, MA (Sekretaris).

Kepanitiaan Yudisium ini sendiri dipimpin, Lies Utami Safitri, SE, MM, yang juga Kepala Bagian Tata Usaha FIS. Turut hadir pula Dr Phil Zainul Fuad (Dekan FIS UINSU 2015 – 2016) dan Dr Ahmad Zuhri, MA (Wakil Dekan I FIS UINSU 2015 – 2016). Tampak hadir pula para dosen FIS seperti Dr Anang Anas Azhar, Dr Khoirul Jamil, Dr Sorimonang, Dr Ali Murthado, Dra Achiriah, M.Hum, Drs Syahrul Abidin, Nurhayani MA, Indira Fatra Deni Peranginangin MA, Franindya Purwaningtyas MA, Abdi Mubarak MA, Muslih MA, Rizki Saputra, M.Kom.I, Toguan Rambe, M.Pem.I, Liana Hutapea, M.Kom.I, Dra Rina Devianty, M.Hum, Ismail M.Si, Rholand Muary, M.Sos, Nabila Yasmin, M.Phil dan Dra Zuhriah MA.

Peserta yudisium turut didampingi para orang tua ataupun wali masing-masing. Bahagia dan haru, pun tak terbendung dalam upacara yudisium yang digelar di LJ Hotel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan ini. Dalam yudisium kali ini lulusan terbaik diraih Firda Adinda Syukri, S.I.Kom dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,94 dan Nora Junita Azmar, S.IP dengan IPK 3,91. Adapun ke-16 peserta yudisium berhasil menyelesaikan studi dalam waktu 3 tahun 8 bulan.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan para orang tua yang melepaskan anak-anaknya belajar di FIS UINSU. Hari ini kami kembalikan anak-anak ini pada bapak dan ibu. Kami pun memohon maaf jika ada kekurangan selama proses pendidikan anak-anak. Semoga ilmu dan pengalaman yang diberikan para dosen dapat bermanfaat bagi anak-anak kita di masa depan bersama masyarakat di mana pun berada,” kata Dekan FIS Prof Dr Ahmad Qorib, MA .  ( Sumber MEDAN, akses.co )