01 Mei 2019 18:24 wib

Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumut melakukan pengabdian masyarakat di Kampung MATFA Darusaalam Desa Telaga Said Kecamatan Sei Lepan Kab Langkat. Kegiatan ini mengambil tema " Masyarakat MATFA sebagai Barometer Sosiologi Islam Nusantara" yang dilaksanakan selama 3 hari dua malam sejak tanggal 26-28 April 2019.

Ketua Program Studi (Prodi) Sosiologi Agama, Dr. Irwansyah mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan wujud dalam pegalamalan Tridarma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kampung Darusalam atau Kampung Majelis Taqlim Fardhu ain (MATFA) Indonesia ini merupakan model studi masyarakat desa/kampung yang sangat menerapkan nilai-nilai Islam dan Pancasila sehingga sangat memberikan pengaruh dalam kehidupan masyarakat.

" Kampung MATFA dikenal dengan kampung kasih sayang karena dilandasi dengan modal sosial agama dan berbangsa mementingkan persatuan dan rasa kasih sayang antar sesamanya, " ujar Dr. Irwansyah

Oleh sebab itu, mahasiswa Prodi Sosiologi agama pun turut memberikan pendidikan dan pengetahuannya dalam memberikan motivasi dan pemgajaran kepada siswa, siswi kampung tersebut yakni pada tingkat MI,MTS/MAS serta membantu masyarakat kampung dalam penghidupannya sehari-hari dalam bidang pertanian, dan lain lain. Tidak ketinggalan mereka juga mengobservasi dalam studi kampung MATFA tersebut dalam interaksi masyarakat di dalam kampung tersebut.

Sementara itu, Humas Masyarakat Kampung MATFA, Kholiqul Ritonga mengatakan sangat senang pihak dari Prodi Sosiologi Agama mengunjuni kampung dalam rangka melakukan pengabdian masyarakat. Dia pun berharap dengan kegiatan ini mendapatkan nilai-nilai kebaikan dan bermanfaat dalam studi Sosiologi Islam. 

Acara ini ditutup dengan penyerahan sertifikat penghargaan dari Mahasiswa Prodi Sosiologi Agama kepada Ketua RT Darusaalam Desa Telaga Said dan juga penyerahan sertifikat penghargaan dari Ketua Prodi Sosiologi Agama, Dr. Irwansyah ke Tuwan Imam.yang kemudian ditutup dengan foto bersama.