06 Februari 2019 09:09 wib

Medan. Program studi (Prodi) Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumut bekerja sama dengan Aliansi Sumut Bersatu (ASB) melaksanakan penandatanganan kerja sama di Medan, Senin (28/01). Ketua Prodi Sosiologi Agama FIS UIN Sumut, Dr. Irwansyah, M.Ag mengatakan bahwa Prodi Sosiologi Agama dengan ASB sebenarnya sudah lama melaksanakan kerja sama dalam bentuk kegiatan nyata,  namun memang dalam bentuk piagam kerja sama baru kali ini dilaksanakan. 

" Kami senang sekali bekerja sama dengan ASB, karena kami berkomitmen bahwa ASB sebagai laboratorium Sosiologi Agama, " ujar Dr. Irwansyah, M.Ag didampingi oleh Sekretaris Prodi SA, Faisal Riza, MA.

DIa menambahkan, bahwa saat ini Sosiologi agama juga turut merespon wacana-wacana sosial keagamaan yang berkembang di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Sebelumnya juga ia menambahkan Dekan FIS UIN Sumut, Prof.Dr. Ahmad Qorib,MA dijadwalkan untuk hadir namun bersamaan juga ada kegiatan di UIN Sumut yang tidak dapat ditinggalkan.

Sementara itu, Direktur ASB, Veryanto Sihotang mengatakan bahwa prodi Sosiologi Agama juga menjadi partner ASB selama ini. karena sudah ada beberapa kegaiatan yang dilakukan secara bersama-sama. Diantarnya Workhsop penulisan lintas iman yang dihadiri oleh generasi milenial yang berasal dari latar belakang agama, etnis yang berbeda.

" Kedepan kita ingin juga bekerja sama dalam melakukan penelitian di Sumut khususnya dalam mendokumentasikan penghayat kepercayaan yang belum terdaftar, karena kita akui SDM di ASB masih minim jadi kita kerja sama dengan Prodi Sosiologi Agama, " ujar Veryanto didampingi oleh Deputi direktur ASB, Fery Ira Padang.

ASB merupakan organisasi masyarakat sipil atau LSM yang sejak tahun 2006 melakukan upaya-upaya penguatan untuk mendorong penghormatan dan pengakuan terhadap keberagaman melalui pendidikan kritis, dialog, advokasi dan penelitian