10 Januari 2019 09:54 wib

Medan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Islam Sumatera Utara (FIS UINSU) melepas 176 mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) ke sejumlah instansi pemerintah dan perusahaan swasta di Medan, Rabu (9/1/2019).

Turut mendampingi pelepasan 176 mahasiswa itu, Dekan.FIS UINSU Prof Dr Ahmd Qorib MA, Wakil Dekan I Dr Muhammad Dalimunte MHum, Wakil Dekan III Dr Muhammad Faisal MAg, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Dr Hasan Sazali, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Dra Retno Sayekti MLis, Sekjur Abdul Karim Batubara MA, Kepala Laboratorium FIS Dra Achiriyah MHum dan sejumlah dosen dari prodi ilmu komunikasi dan ilmu perpustakaan.

Ahmad Qorib mengharapkan PKL ini akan membawa nama baik fakultas melalui mahasiswa yang melaksanakan praktiknya di beberapa perusahaan swasta dan pemerintah.

"Saya berpesan kepada seluruh mahasiwa tetap menjaga nama baik almamater FIS UINSU. Terlebih jika sudah selesai PKL adik-adik mahasiswa dapat diterima kerja setelah menamatkan kuliah di FIS," kata Ahmad Qorib.

Kegiatan PKL ini lanjut Qorib dalam rangka memandirikan mahasiswa setelah menamatkan studi di FIS. "Mohon junjung etika dan jaga nama baik kita semua," katanya menambahkan.

Kepala Laboratorium FIS Achiriyah menyebutkan dari 176 mahasiswa yang melaksanakan PKL tersebut tersebar di beberapa instansi.

Dia merinci mahasiswa melaksanakan PKL ke Bank Sumut, Polresta Medan, Poldasu, BI Medan, Metro TV, RRI, Pelindo I, Perpustakaan propinsi, Kantor Gubsu, Kominfo Propsu dan beberapa perpustakaan PTS di Sumut.

"Mahasiswa menjalankan PKL-nya selama satu bulan mulai januari sampai pebruari 2019," kata Achiriyah.

Dekan FIS UINSU berharap tahun-tahun mendatang PKL mahasiswa akan diarahkan ke sejumlah media cetak khususnya mahasiswa yang konsentrasi jurnalistik.