04 Januari 2019 10:32 wib

Mahasiswa Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara melaksanakan pengabdian masyarakat ke Kecamatan Barus Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Kegiatan ini mengambil tema "Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pentingnya Hubungan Harmonis Antar Umat Beragama" yang dilaksanakan selama 27-30 Desember 2018.

Pengabdian masyarakat ini dibimbing oleh Ketua Program Studi (Prodi) Sosiologi Agama, Dr. Irwansyah yang ikut bersama rombongan mahasiswa. Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dari Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan pengabdian masyarakat.

" Secara Sosiologis, Barus merupakan titik nol masuknya budaya-budaya luar nusantara dan salah satu titik awal persinggungan dengan budaya nusantara, Maka dari itu disini banyak ditemukan makam-makan bersejarah dari berbagai latar agama dan budaya, " ujar Dr. Irwansyah.

Maka dari itu, Barus juga sudah diresmikan oleh Presiden RI sebagai titik nol masuknya Islam di nusantara. Selain agama Islam di Barus juga ditemukan gereja-gereja tua dan juga mudah ditemui agama-agama lokal seperti Parmalim yang hidup rukun berdampingan dengan penganut agama-agama lain.