20 Desember 2018 15:30 wib

Program studi Sosiologi Agama dan Sejarah Peradaban Islam Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumut menggelar Studium General dengan tema “ Kemerdekaan Palestina : Rekonstruksi Diplomasi Sosial Politik Indonesia dengan narasumber anggota DPR RI Komisi I bidang luar negeri, Meutya Hafid, M.IP yangf dipandu oleh moderator Surya Adi Sahfutra, M.Hum di Aula UIN Sumut, Selasa (18/12 ) 

Dekan FIS UIN Sumut, Prof. Dr. Ahmad Qorib, MA mengatakan dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini apalagi topik yang disampaikan merupakan topik yang senantiasa didiskusikan mengenai kemerdekaan Palestina yang sesungguhnya.

“Kita beruntung sekali kehadiran ibu Meutya Hafid, yang merupakan anggota DPR RI bidang luar negeri untuk memberikan pengetahuannya terkait kebijakan yang dilakukan negara untuk kemerdekaan Palestina” ujar Prof. Dr. Ahmad Qorib, MA.

Maka dari itu dirinya juga meminta mahasiswa untuk menyimak dengan serius kuliah umum ini karena akan banyak pengetahuan yang dapat diambil dan jadi pembelajaran yang sangat berharga.

Sementara itu, Meutya Hafid dalam penyampaiannya mengajar semua mahasiswa dan elemen bangsa untuk mendukung kemerdekaan Palestina dan perlu mengetahui perjuangan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.

“Adik-adik harus tahu bahwa dalam undang undang kita menyerukan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, “ ujarnya dihadapan 350 lebih mahasiswa UIN Sumatera Utara.

Dirinya juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan negera yang pertama sekali mengakui kemerdekaan Palestina dan sejauh ini sudah ada hubungan bilateral dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya.

“ Dalam bidang ekonomi, tarif impor 0% sejak tahun 2018 untuk kurma dan zaitun dari Palestina. Sedangkan dalam bidang politik menolak status Yerussalem sebagai bu kota negera Israel, mendesak PBB menjalankan prinsip demokrasi dari hasil votong terhadap status quo Yerusalem, sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB, “ kata mantan presenter TV ini.

Ditambahkannya, Indonesia juga membantu Palestina dalam bidang kemanusiaan yakni membangun rumah sakit Indonesia di Palestina, Indonesia Cardiac Facilities, bantuan desalinasi air dan kesehatan.

Hadir dalam kuliah umum tersebut, Ketua Prodi Sejarah Peradaban Islam, Yusra Dewi Siregar, MA, Sekretaris Prodi SA Faisal Riza, MA, Wakil Dekan bidang Keuangan Dr. Fauziah Lubis, M.Hum, Wakil Dekan III, Dr Faisal Hamdani, MA, Dekan FIS UIN Sumut, Prof. Dr. Ahmad Qorib MA, dosen dosen, pegawai di lingkungan FIS UIN Sumut dan 350 an mahasiswa yang hadir dari berbagai kampus di UIN Sumut.