08 Desember 2018 15:50 wib

Prodi Sejarah Peradapan Islam Fakultas Ilmu Sosial UINSU menggelar seminar nasional dengan tema Peran Generasi Muda Dalam Pelestarian Cagar Budaya, yang dirangkaikan dengan Kegiatan Rapat Kerja Wilayah VIII Ikatan Mahasiswa Sejarah Se Indonesia IKAHIMSI diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumatera Utara bekerjasama dengan IKAHIMSI Wilayah VIII Sumut dan Aceh dilaksanakan di Aula Kampus II Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. (06/12).

Narasumber acara ini Indra Jaya Piliang Sekjen IKAHIMSI, Lucas Pertanda Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia ( IAAI) Sumut dan Dr. Ir. Hj. Hidayati Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata SUMUT..

Kegiatan didasari oleh situasi di tengah-tengah masyarakat kita yang tidak terlalu perduli dengan keberadaan dan perawatan berbagai situs sejarah dan Cagar Budaya di Indonesia. Hal ini tentu memprihatinkan karena sesungguhnya Sejarah sejatinya menjadi media bagi suatu bangsa untuk merepleksikan masa lalu untuk pelajaran bagi masa depannya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati peninggalan sejarahnya. Untuk itu generasi muda hari ini diharapkan dapat berperan dalam upaya merawat dan melestarikan situs sejarah dan cagar budaya. 

Seminar Nasional ini  bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian generasi muda akan pentingnya memelihara merawat serta melestarikan berbagai situs dan cagar budaya di negeri ini umumnya dan di Sumatera Utara khususnya. Kepedulian ini tentunya sangat penting dalam rangka mempertahankan cagar budaya untuk diwariskan ke generasi berikutnya.

Acara dibuka oleh Rektor UIN SU, Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag. melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. Amroeni, M. Ag. 

Dalam sambutannya Prof.  Amroeni menyampaikan apresiasi yang tinggi bagi Fakultas Ilmu Sosial khususnya Prodi Sejarah Peradaban Islam sebagai Fakuktas dan Prodi baru tetapi berupaya untuk terus berpartisipasi dalam pengembangan dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi."Sejarah adalah salah satu media untuk mengetahui kronologis perkembangan umat manusia, Sejarah berkontribusi untuk menjadi sumber informasi dalam berbagai bidang pengetahuan." ujar Prof. Amroeni.  

Peserta kegiatan ini meliputi seluruh mahasiswa program studi Sejarah Peradaban Islam FIS UIN SU, dari Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Perpustakaan dan Sosiologi Agama juga dari luar FIS,  yakni dari FKM serta perwakilan IKAHIMSI dari berbagai Perguruan Tinggi di Sumut dan Aceh seperti USU, UNIMED, UISU, USI Pematang Siantar, UNSYIAH Banda Aceh dan lain lain, yang diperkirakan berjumlah 500 peserta.

Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, di mulai hari ini dengan Seminar Nasional Sejarah, kemudian RAPAT KERJA WILAYAH IKAHIMSI wilayah VIII dan ditutup dengan Field Trip ke berbagai situs situs Sejarah dan Cagar Budaya di kota Medan

Turut hadir tamu undangan yg berasal dari Dinas Kebudayaan dan Parawisata, Museum Negeri PROVSU, Komunitas Peduli Museum dan Sejarah (KOPI MURAH). Historical SUMUT. Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia dan Kominfo Sumut  serta TVRI Sumut. Apresiasi yang tinggi diayakini acara yang digagas Prodi Sejarah Peradaban Islam FIS UIN-SU ini akan berjalan dengan sukses .