14 September 2018 15:46 wib

Medan - Gebyar Ilmu Komunikasi kembali digelar di UIN SU Medan dengan mengusung tema "Media dan Budaya di Era Digital". Acara yang diprakarsai oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN SU ini dirangkai dengan Seminar Nasional dan Talk Show "Implementasi Komunikasi di Era Digital", dengan menghadirkan  para Narasumber yaitu Dr, Hasan Sazali, MA membawakan materi "Media On line dalam pembangunan", Dr. Desvi Yanti Mukhtar, M.Si, dengan materi "Prilaku Remaja dalam Penggunaan Media", Kapolrestabes Medan, Kombes Dadang Hartanto dengan materi "Cyber Crime" dan Chandy November, dengan materi "Kreatifitas dalam pengelolaan Media" serta Ibu Indah, pegiat sosial di Sumatera Utara.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FIS UIN SU, Prof. Dr. Ahmad Qarib, MA., dihadiri oleh Wakil Dekan II FIS, Fauziah Lubis, SH, M.Hum, para pimpinan FIS dan lebih dari 500 peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi se Sumatera dan luar Sumatera serta para siswa Sekolah Menengah Atas  bertempat di Gedung Aula Kampus II UIN SU jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Rabu (12/09/18).

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FIS UIN SU, Dr. Hasan Sazali, MA. mengatakan Gebyar Komunikasi ini adalah merupakan agenda wajib bagi Program Studi Ilmu Komunikasi. "Gebyar Komunikasi ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017. Dari tahun ke tahun kita akan mengusung tema yang berbeda. Kita mencoba untuk merespon perkembangan tren-tren media dalam konteks kekinian, contohnya menghadapi era 2,0 di era digital", katanya. 

"Saya senang dan bersyukur atas terselenggaranya acara ini dan bangga kepada semua Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan serta mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang dengan tulus ikhlas serta semangat dalam mengkemas dan mensukseskan acara ini. Kita dapat melihat bagaimana opening ceremony tadi diawali dengan parade budaya, fashion show dan tarian kolosal yang semuanya ditampilkan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, saya merasa sangat bersyukur, berterimakasih dan bangga", paparnya. 

Dr. Hasan berhadap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas kompetensi mahasiswa di bidang kajian ilmu komunikasi. " Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kompetensi para mahasiswa Ilmu Komunikasi dan untuk menjaring bakat mereka yang Insyaallah nantinya akan kita ikutsertakan pada event yang lebih besar baik ditingkat Nasional maupun Internasional yang akan mengharumkan nama UIN SU Medan", tambahnya.

Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi, Nursapia Harahap, MA menyampaikan bahwa kegiatan Gebyar Komunikasi yang digelar sejak tanggal 12-14 September 2018 ini diisi dengn berbagai perlombaan yaitu broadcasting, publik speaking (reporter dan prsenter), fotografi (lomba photo), karya ilmiyah dan pembuatan film pendek yang diikuti oleh para mahasiswa UIN SU dan perwakilan Perguruan Tinggi lainnya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kompetensi mahasiswa tentang berbagai teori yang telah mereka dapatkan. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas mereka dan menjadikan para mahasiswa Ilmu Komunikasi menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif", katanya. (YS Humas).